-->

2 Tahapan Wawancara Kerja Yang Bisa Anda Ketahui

Interview kerja merupakan proses dimana Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya bila Anda bisa menjawab pertanyaan pertanyaan yang tentunya diajukan oleh user atau HRD. Interview kerja juga tahapan komunikasi secara langsung dengan HRD atau user dimana anda mengajukan surat lamaran pekerjaan.

Untuk lebih jelasnya terkait pengertian wawancara atau interview kerja adalah sebuah bentuk dari komunikasi verbal atau semacam percakapan, yang bertujuan memperoleh informasi dari komunikan. Atau, wawancara juga dapat disebut sebuah instrumen penelitian yang lebih sistematis. Dalam wawancara ini akan terjadi semacam pertanyaan dan juga jawaban yang diberikan serta dilakukan secara verbal.

Menghadapi 2 tahap wawancara kerja

Dalam artikel ini, kami bukan menjelaskan pengertian interview/ wawancara, melainkan tahapan wawancara itu sendiri yang tentunya akan Anda ikuti saat terpanggil dimana Anda melamarnya. Maka dari itu, perlu Anda ketahui apa saja yang menjadi tahapan sehingga memudahkan Anda dalam mengikuti wawancara kerja nantinya.

Tahapan wawancara kerja
Sebelum Anda melamar suatu pekerjaan, maka baiknya ketahui dulu tahapan dalam proses seleksi pekerjaan yang Anda pilih. Tujuannya adalah untuk mengetahui serta bisa Anda persiapkan secara matang agar saat mengikuti tahapan tersebut tidak memberatkan.

Adapun tahapan proses lamaran kerja yang bisa Anda ketahui yakni sebagai berikut:
  1. Pengumuman kerja
  2. Mempersiapkan berkas lamaran
  3. Seleksi administrasi
  4. Tes tulis
  5. Tes psikotes
  6. Tahap interview dengan HRD
  7. Dan terakhir tahap interview dengan user

Nah, dari informasi di atas tentu akan Anda ikuti secara umum. Karena untuk menduduki posisi yang Anda lamar, maka harus bisa melewati tahapan di atas bukan? Sudahkah mempersiapkan diri untuk mengikuti semua tahapan itu? Kami rasa memang mengharuskan, dan semoga Anda juga mampu dan bisa mengikuti tahapan ini semua, amin.

Harus Anda ketahui, bahwa berbeda perusahaan, maka beda lah tahapan seleksi yang akan anda ikuti, namun semua gambaran di atas, tentu akan Anda hadapi selama mengikuti seleksi pekerjaan. Untuk itu, selalu mempersiapkan diri, agar bisa melewati tahapan tahapan ini semua.


Sebelum mengikuti tahap atau proses wawancara kerja, baiknya Anda mempersiapkan ini dulu agar Anda bisa lebih nyaman dan aman selama mengikuti tes wawancara. Apa saja itu?

Berikut tahap yang harus Anda siapkan sebelum mengikuti tes wawancara yakni sebagai berikut:
  1. Mandi sebelum mengikuti tes wawancara
  2. Jangan lupa gosok gigi juga
  3. Semprot sedikit pewangi agar HRD atau User nyaman dengan anda
  4. Usahakan serapi mungkin agar Anda lebih diprioritaskan
  5. Datang lebih awal ke tempat dimana Anda mengikuti tes interview
  6. Mengetahui profil perusahaan sebagai pengetahuan awal
  7. Belajar sebelum tes lebih baik

Katakanlah Anda sudah mengikuti tes psikotes dan Anda juga dinyatakan lulus. Tentu Anda sangat lega dan senang bukan? Nah, apa yang harus Anda persiapkan untuk tes selanjutnya? Tes selanjutnya adalah interview dengan HRD. Sudahkah mempersiapkan diri untuk mengikuti tes wawancara? Ada dua tahapan untuk melanjutkan tes lanjutan yakni, wawancara dengan HRD dan Interview dengan USER.

Maka dari itu, sengaja kami tulis artikel ini agar Anda bisa melewati tahapan demi tahapan itu sendiri. Berikut 2 tahapan interview yakni di bawah ini:

1. Interview kerja dengan HRD
Sebelum Anda ikuti interview dengan user, maka anda mengharuskan mengikuti langkah awal untuk bisa menjumpai user atau atasan kamu nantinya. Maka dari itu, Anda harus bisa menghadapi pertanyaan pertanyaan yang tentunya akan disampaikan oleh HRD pada Anda. Pertanyaan ini tentu berhubungan dengan dunia pekerjaan. Sudahkah Anda belajar atau mengetahui pertanyaan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh HRD atau User saat mengikuti wawancara kerja?

Kalau belum, maka silahkan baca pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat interview kerja. Harus bisa Anda lewati tahapan ini agar bisa lolos ke tahap selanjutnya, yakni interview dengan User atau bos kamu nantinya. Agar bisa lolos di tahap ini sudah tentu, selain belajar tentu menguasai pertanyaan yang akan diajukan kepada Anda saat tes wawancara.

Banyak sekali tantangan yang akan Anda lalui, selain menghadapi berbagai pertanyaan juga harus memberikan penampilan, kemampuan, serta kecakapan yang efektif dengan HRD itu. Selanjutnya anda juga harus menunjukkan ketertarikan terhadap perusahaan yang sedang anda lamar. Hal ini tentu mengharuskan Anda menguasai pengetahuan tentang perusahaan dimana Anda sedang melamarnya.

2. Interview kerja dengan pihak User
Dalam tahapan wawancara kerja tentu tahap inilah yang menjadi tantangan terbesar bagi pelamar. Mengapa? Karena ini merupakan tahap akhir akan Anda ikuti. Tahap ini juga sebagai penentu apakah anda layak bekerja atau tidak di perusahaan yang sedang anda lamar. Dalam proses wawancara kerja, pada tahapan ini merupakan satu tahapan yang paling terakhir yang akan dilewati oleh para pencari kerja.

Pada sesi ini para pelamar kerja akan langsung bertemu dengan user atau yang nantinya akan menjadi atasan (BOS) Anda di kantor. Pada tahapan ini, mereka akan menjelaskan terkait pekerjaan yang memang akan anda kerjakan nantinya di perusahaan, selain itu pada tahapan ini anda akan diberi beberapa ujian yang bertujuan untuk menguji kemampuan yang anda miliki dalam memenuhi kualifikasi yang ditetapkan dalam posisi tersebut.

0 Response to "2 Tahapan Wawancara Kerja Yang Bisa Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel